Contoh Aflikasi Program

MANFAAT PROGRAM ASURANSI PRUDENTIAL DALAM MEMBANGUN RENCANA KEUANGAN KELUARGA YANG KOKOH

Supaya Anda lebih jelas dalam melihat manfaat program ini, maka saya akan mencontohkan langsung perhitungan program pada salah satu keluarga sebagai berikut :
Sebuah keluarga yang terdiri dari :
  • Suami usia 34 tahun
  • Istri usia 33 tahun
  • Anak Pertama 2 tahun
  • Anak Kedua 4 bulan

Kelurga ini ingin merencanakan keuangan keluarga dengan aman untuk :
  1. Biaya pendidikan
  2. Biaya pensiun



Mari kita hitung mulai dari rencana pensiun :

  • Keluarga tersebut memperkirakan kebutuhan dana per bulan saat pensiun nanti adalah 3 jt/bulan (nilai saat ini), mereka ingin tahu berapa dana yang dibutuhkan saat pensiun nanti jika masa pensiun dimulai ketika usia 55 tahun.
  • Setelah dihitung menggunakan rumus seperti pada BAB VI DANA PENSIUN, maka diketahui:
  • Total biaya yang dibutuhkan saat masa pensiun adalah 3,6M (inflasi 8%, rate 15%, asumsi lama pensiun 20 tahun atau hingga usia 75).
  • Jumlah uang yang harus ditabungkan per bulan (jika dimulai saat ini juga) untuk mencapai 3,6M di usia 55 adalah 2,2 juta/bulan.
  • Jika dimulai tahun berikutnya (menunda 1 tahun) maka harus menabung 2,4 juta/bulan, berarti harus menambah 200 ribu/bulan selama 20 tahun!!! sehingga total kerugian jika kita menunda 1 tahun saja menjadi 200ribu x 12bulan x 20tahun = 48 juta!!!

Sekarang mari kita hitung kebutuhan biaya pendidikan untuk kedua anaknya;




Total dana yang harus diinvestasikan per bulan oleh keluarga tersebut adalah :
  • Rp. 2,2 juta per bulan untuk dana pensiun &
  • Rp. 2 juta per bulan untuk dana pendidikan kedua anaknya


Setelah mengetahui berapa investasi yang harus dikeluarkan untuk pendidikan anak & persiapan pensiun, ada 3 tipe keluarga dalam menyikapi hal ini :


1. NO THINK

Keluarga tipe ini tidak melakukan apapun, cuman berguman “o..ternyata besar juga ya..”, atau “ya saya akan memulainya tahun depan saja”, dll. Padahal dengan menunda malah akan menjadi semakin berat, sehingga ditunda lagi, ditunda lagi & ditunda lagi, NO THINK…


2. ANY THINK

Keluarga ini sangat mencintai & peduli terhadap keluarganya, sehingga ia bersedia menyiapkan dana tersebut setiap bulannya. Meskipun pada awalnya terasa berat, semakin lama menjadi semakin ringan seiring dengan kemajuan income keluarga.


2. SOME THINK

Sama seperti no. 2, keluarga ini pun begitu peduli dengan masa depan keluarga terutama pendidikan anak-anaknya, namun jika harus menabung 4 jt per bulan saat ini belum mampu karena income keluarga baru sekitar 4 juta juga, tetapi ia siap memulainya dengan nilai yang masuk, ia memulainya di 10% - 30% income.





Karena keluarga (dalam contoh di atas) sudah mengerti kelebihan PRUDENTIAL dibanding dengan berinvestasi di tempat lain, maka ia mengalokasikan tabungannya dengan membuka rekening di PRUDENTIAL untuk setiap anggota keluarganya dengan rincian sebagai berikut :

SUAMI  menabung Rp. 1 jt/bln, asumsi selama 10 tahun = ttl 120jt



Istri  1 jt/bln, asumsi selama 10 tahun = ttl 120jt



Anak I  500 rb/bln, asumsi selama 10 tahun = ttl 60jt



Anak II  500 rb/bln, asumsi selama 10 tahun = ttl 60jt



Jika kita total yang dikeluarkan oleh keluarga tersebut selama 10 tahun adalah (1jt + 1jt + 500rb + 500rb) x 12bln x 10thn = 360 jt, sekarang mari kita lihat manfaat totalnya sebagai berikut :



Demikianlah jika kita menabung di program Asuransi Syariah PRUDENTIAL, tidak hanya rencana dana pendidikan & pensiun kita yang terpenuhi, tetapi juga sekaligus menyiapkan PONDASI keuangan keluarga yang akan menjadi penopang rencana pendidikan & pensiun (DINDING) jika terjadi musibah.
Sehingga apapun yang terjadi, semua rencana keuangan kita akan tercapai, INSYAALLAH, AMIIIN….

Sebagai gambaran, berikut saya ilustrasikan jika keluarga tersebut menabungkan uangnya di tabungan biasa dengan jumlah investasi yang sama (Total 3 juta/bln selama 10 tahun menabung):


Ingin menjadi nasabah PRUdential? klik di sini

Lihat juga artikel lain yang berhubungan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar