PENGANTAR buku Solusi Cerdas Keuangan Keluarga

Apa sebenarnya yang membuat Anda terus bekerja? Apakah hanya sekedar hobi, bersenang-senang atau hanya sekedar untuk bertahan hidup semata? Pastinya tidak ‘hanya’ untuk itu bukan?, tetapi karena Anda memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai.
Ya, TUJUAN, seperti untuk memenuhi pendidikan anak, untuk membeli rumah & kendaraan dalam beberapa tahun ke depan, untuk pergi beribadah haji, jalan-jalan, persiapan dana pensiun dalam 10 – 20 tahun ke depan, dana darurat dan masih banyak lagi tujuan lainnya.
Pada kenyataannya, tidak semua tujuan tersebut dapat dicapai,
contoh yang sering terjadi adalah persiapan dana pendidikan, tidak jarang anak tidak bisa melanjutkan sekolah karena kendala biaya, ada juga yang terpaksa harus terus bekerja hingga masa pensiun. Banyak juga yang terpaksa mengambil tabungan pendidikan anak atau menjual rumah/kendaraan hanya karena ada anggota keluarganya yang mengalami sakit/sakit kritis. Hal ini dikarenakan kita hanya memiliki TUJUAN, tetapi tidak memiliki cara yang tepat untuk mencapainya, atau kalaupun sudah tahu caranya, kita tidak punya keberanian untuk berkorban & memulai melakukan persiapan pencapaian tujuan itu saat ini juga dengan konsisten, tetapi justru menundanya, menundanya & terus menundanya hingga pada akhirnya datanglah penyesalan. Pada kenyataannya banyak kebutuhan dasar kita yang masih sering dikalahkan oleh kebutuhan tambahan atau bahkan dikalahkan oleh keinginan-keinginan kita.
Pastinya Anda jarang sekali atau bahkan mungkin belum pernah didatangi oleh seorang Konsultan Perencana Keuangan (Certified Financial Planner) yang jika Anda ingin berkonsultasi dengan mereka butuh biaya yang relative mahal, hanya perusahaan-perusahaan besar & keluarga yang memiliki asset ‘triliunan’ yang biasanya memakai jasa mereka, mungkin bagi kita yang menengah ke bawah tidak ‘merasa’ butuh & tidak ‘memiliki keberanian’ untuk berkonsultasi dengan mereka atau bahkan bisa jadi banyak diantara kita yang tidak tahu keberadaan mereka.
Lalu…apakah perencanaan keuangan hanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan & keluarga kaya saja? Tentu saja TIDAK SAMA SEKALI, justru kita yang dalam kondisi ‘pas pasan’ yang lebih membutuhkan suatu perencanaan keuangan yang kokoh.
Sebenarnya saat ini ada yang siap membantu kita dalam membuat perencanaan keuangan keluarga secara GRATIS!!! Siapakah mereka??? Ya, benar sekali, mereka adalah AGEN ASURANSI yang sesungguhnya (BUKAN OKNUM). Seorang agent akan memberikan solusi terbaik untuk Anda melalui program yang ditawarkannya. Tapi sebagian besar dari kita justru enggan jika ditemui mereka karena berbagai sebab.
Tulisan ini saya persembahkan bagi Anda yang sangat mencintai keluarga, ingin memiliki perencanaan keuangan, ingin mengetahui manfaat program asuransi dalam rencana keuangan & siap memulai persiapan perencanaan keuangan keluarga saat ini juga, tetapi enggan bertemu/bertanya langsung dengan seorang agen asuransi dengan berbagai alasan seperti; karena khawatir dipaksa, tidak enak kalau menolak menjadi nasabah, khawatir kena tipu/dirugikan/dibohongi, risih dan lain sebagainya.
Dengan membaca ini, saya harap Anda tidak perlu bersusah payah untuk memberikan penolakan, berpikir keras bagaimana cara ‘mengusir’ agent dengan halus, Anda tidak perlu merasa ‘tidak enak’ karena menolak seorang teman/sodara/tetangga dan pikiran-pikiran lain yang biasa muncul ketika Anda bertemu atau didatangi oleh agen asuransi. Anda cukup membaca tulisan ini dengan tenang, pikiran terbuka, serius & tidak mengambil kesimpulan terlebih dahulu sebelum Anda membacanya hingga selesai.
InsyaAllah, harapan saya semoga Anda akan menemukan suatu kebenaran, bukan pembenaran-pembenaran dari persepsi kita masing-masing. Kritik & saran yang membangun akan sangat saya hargai.
Selamat membaca & semoga bermanfaat, amiiin…

regard,
D. Abd. Hamid, ST
0813 8844 8553
mailto: hamidchuluq@yahoo.co.id

Di bawah ini adalah isi dari buku RENCANA CERDAS KEUANGAN KELUARGA yang saya tulis:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar